13 Kategori Makanan Penyebab Asam Urat Yang Harus Diwaspadai

Diposting pada

Bila anda punya riwayat penyakit asam urat, anda harus hati-hati dalam mengkonsumsi makanan penyebab asam urat.

Ada banyak makanan yang bisa memicu kadar asam urat menjadi naik atau tinggi yang ujungnya menjadikan penyakit asam urat anda kambuh.

Beberapa makanan yang punya implikasi langsung dan cepat terhadap penyakit asam urat anda, makanan itu harus masuk daftar makanan pantangan untuk dikonsumsi.

Misalnya bila anda makan jeroan, langsung asam urat anda kambuh berupa sakit tak tertahan di kaki atau persendian, maka sebaiknya jeroan adalah makanan yang harus anda hindari.

Dengan melakukannya berarti anda telah melakukan pencegahan terhadap penyakit asam urat, dan ini lebih baik daripada mengobatinya bila ia menyerang.

Yang harus diwaspadai juga adalah makanan olahan dari beberapa makanan penyebab asam urat.

Untuk lebih jelasnya berikut ini daftar makanan yang bisa melambungkan kadar asam urat tinggi yang sudah saya klasifikasi ke dalam 13 kategori supaya lebih mudah dipahami.

1. Daging

Daging sapi atau kambing yang masuk dalam kategori daging merah punya kadar protein yang cukup tinggi yang artinya juga kadar purin yang cukup tinggi.

Pada kondisi normal mengkonsumsi daging sapi dan kambing sebaiknya sesekali dan tidak berlebih, namun bila asam urat kambuh maka konsumsi daging ini memang harus distop sama sekali.

Di beberapa daerah seperti Jogjakarta cukup popular daging kuda yang dikonsumsi sebagai sate kuda, yang masuk juga dalam dalam kotegori ini.

Walaupun banyak dipercaya seperti jamu kuat untuk meningkatkan vitalitas dan stamina pria, kaum adam yang punya riwayat asam uratpun harus hati-hati mengkonsumsi sate kuda ini.

Daging ayam sebenarnya lebih baik dikonsumsi dan menyehatkan.
Namun untuk taraf pengobatan mengkonsumsi daging ayam juga lebih baik dikurangi.

Yang patut dicermati dalam kategori daging unggas adalah kalkun, angsa dan bebek karena keduanya lebih tinggi kadar purinnya daripada daging unggas yang lain.

2. Jeroan

jeroan makanan penyebab asam urat

Yang dimaksud jeroan adalah semua bagian dari tubuh hewan yang dijagal kecuali tulang dan otot.

Jadi yang dimaksud jeroan disini termasuk limpa , babat, paru, hati, usus, termasuk juga lidah yang memang termasuk punya kadar purin yang cukup tinggi.

Jeroan sebenarnya adalah sumber karbohidrat, vitamin dan mineral.

Vitamin yang terkandung didalamnya adalah vitamin B1 dan B12 yang berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh kita.

Jeroan sapi juga punya manfaat untuk mengatasi anemia karena kandungan asam folat pada jeroan berfungsi untuk metabolisme inti sel darah merah.

Namun disisi lain jeroan termasuk juga salah satu makanan pantangan bagi penderita asam urat.

3. Seafood

seafood makanan zat purin tinggiWalau kenyataannya ada banyak manfaat dari makan seafood, tetapi sebaiknya memang dihindari memakannya saat kadar asam urat Anda sudah tinggi.

Contoh seafood yang mengandung kadar puri yang tinggi adalah ikan teri, kerang, kepiting, udang, lobster dan tiram.

Waspada juga hasil olahan dari ikan laut diatas misalnya terasi udang dll. .

4. Minuman sachet dan minuman bersoda.

minuman bersoda juga penyebab asam uratAnda senang mengonsumsi minuman kemasan/sachet seperti minuman rasa buah, rasa teh atau kopi atau minuman bersoda?

Minuman dengan rasa manis ini bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Penyebabnya rasa manisnya adalah dari gula jenis fruktosa yang dapat merangsang produksi asam urat menjadi lebih banyak.

Di alam fruktosa banyak terdapat dalam kandungan buah apel, pir, anggur dan kurma.

Penelitian yang dilakukan American Journal of Clinical Nutrition, selain menimbulkan risiko diabetes dan penyakit jantung, gula fruktosa juga dapat menimbulkan pelepasan inflamasi yang disebut sitokin.

Penelitian tersebut juga menganalisis data dari dua penelitian lainnya selama hampir 30 tahun lamanya, yang akhirnya didapati hubungan antara konsumsi soda dan risiko nyeri sendi.

Wanita yang minum minuman bersoda satu botol atau lebih dalam sehari, punya risiko 63% lebih tinggi alami nyeri pada persendian daripada yang tidak mengkonsumsi minuman jenis ini sama sekali.

5. Produk olahan susu

Waspadai juga beragam jenis makanan dari produk olahan susu, seperti es krim, susu, keju, atau yogurt.

Penelitian menunjukkan, makanan dari produk susu tersebut dapat meningkatkan kadar asam urat.

Jika Anda tetap ingin mengonsumsinya, pilihlah produk-produk olahan susu dari jenis yang rendah lemak.

Lebih baik lagi jika Anda memilih yang benar-benar bebas lemak.

6.Sayuran hijau

daun bayamTidak perlu kaget ketika disarankan untuk menghindari konsumsi sayuran hijau.

Sebab beberapa jenis sayuran hijau seperti bayam, daun singkong, daun papaya, dan asparagus mengandung purin yang tinggi.

Sayuran lainnya yang juga tinggi purin yaitu kembang kol, buncis dan jamur.

Meski demikian, sayuran ini tidak menambah kadar asam urat dalam darah separah jika Anda mengonsumsi daging merah.

Jadi, sesekali Anda masih bisa mengonsumsi sayuran ini dalam porsi terbatas.

7. Makanan Olahan

daging kornet juga maknan tinggi purinMakanan lainnya yang menjadi pantangan bagi penderita penyakit asam urat adalah makanan olahan dari daging seperti abon dan dendeng.

Kedua jenis makanan olahan ini memang terbukti mempunyai kadar purin yang cukup tinggi sehingga harus diwaspadai.

Berbagai makanan olahan di dalam kaleng lainnya juga cukup tinggi kadar purinnya seperti ikan sarden, kornet sapi, dan lainnya.

8. Kacang-kacangan

kacang polongKacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang banyak memiliki kandungan purin.

Beberapa di antaranya adalah kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, kacang kedelai, kacang polong, kacang mete dll.

Jika Anda gejala sakit asam urat mulai terasa itu artinya mulailah membatasi diri untuk makan makananan / ngemil kacang-kacangan tersebut..

9. Minuman Beralkohol

minuman beralkhoholMinuman yang ada alkohol didalamnya seperti bir dan wine juga termasuk pantangan bagi penderita asam urat sebab mengandung purin yang tinggi.

Ini juga termasuk tape dan tuak yang masuk dalam kategori ini.

Selain itu, bir yang dibuat dengan ragi jamur jenis Saccharomyces cerevisiae juga dapat memicu peradangan asam urat.

Maka dari itu, hindarilah minuman beralkohol agar gejala asam uratnya tidak semakin parah.

10. Buah-buahan

Beberapa jenis buah buahan juga bisa memicu naiknya kadar asam urat.

Bagi pasien yang menderita jenis tertentu pada arthritis atau nyeri sendi yang disebut gout atau asam urat, tomat sudah dikenal dapat memicu nyeri terus muncul.

Dalam sebuah penelitian, dengan mensurvei lebih dari 2.051 orang yang punya riwayat penyakit asam urat didapati fakta bahwa 20% di antaranya menjawab tomat adalah pemicu nyeri.

Para peneliti kemudian mengadakan penelitian dengan mengambil sample 12.720 orang yang tidak punya sakit gout , ketika mereka diberi makan tomat, maka didapati kadar purin dalam darah meningkat.

Buah-buahan lainya yang patut diwaspai penderita asam urat adalah nanas, kelapa muda, durian, dan alpokat.

11. Makanan yang digoreng

gorengan tinggi purinGorengan dapat menjadi penyebab asam urat karena terkandung zat Asam lemak omega-6 yang bila dimakan dalam jumlah banyak dapat menyebabkan masalah nyeri sendi.

Dalam sebuah penelitian ditemukan data bahwa orang yang banyak mengonsumsi asam lemak omega-6, berimplikasi pada kesehatan terutama penyakit asma, jantung, dan peradangan.

Peneliti tentu menganjurkan untuk mengurangi asupan tersebut.

Beberapa makanan yang mengandung asam lemak omega-6 selain gorengan adalah jagung, bunga matahari, minyak kedelai, margarin, kuning telur, dan daging..
12. Makanan berkaldu

makanan berkalduKaldu berasal dari air sari hasil dari rebusan daging.

Kaldu biasanya banyak digunakan untuk lebih mengenakkan makanan.

Namun bila anda penderita penyakit asam urat, makanan yang punya banyak kaldu adalah salah satu makan yang diagendakan untuk dikurangi.

13. Obat-obatan

obat-obatanBila anda sedang dalam proses penyembuhan penyakit lainnya dan sedang mengkonsumsi obat-obatan baik obat herbal atau obat resep dokter anda juga perlu mewaspadai informasi ini.

Obat-obatan tertentu seperti obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi (menaikkan preduksi air seni dan mineral), atau sejumlah kecil obat aspirin yang digunakan untuk mencegah serangan jantung, punya efek melambungkan kadar asam urat.

Kedua jenis obat tersebut sering menjadi pemicu pada pasien berpotensi gout, akan tetapi memang jarang terjadi kecuali yang memang punya bakat gout.

Oleh karena itu, bila Anda mengidap asam urat yang tinggi, penting untuk menyampaikan pada dokter sebelum meresepkan obat untuk pengobatan asam urat.

Nah, bagi Anda yang punya masalah sakit asam urat, ke tiga belas kategori makanan di atas ini wajib anda waspadai.

Mulai sekarang, yuk, mulai perhatikan asupan apa yang kita makan sehari-hari supaya penyakit tidak kambuh atau malah lebih parah.!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *