Khasiat Temulawak & Daun Pepaya Untuk Menambah Nafsu Makan

Diposting pada

Dunia ini memang menyimpan paradoks.

Di satu sisi banyak orang yang kebanyakan makan sehingga menjadi kegemukan, di sisi lain ada (baik anak atau orang dewasa) yang susah makan sehingga mengakibatkan badan menjadi kurus.

Bangsa indonesia terkenal sebagai bangsa yang kaya akan tanaman-tanaman obat sejak dulu.

Masyarakat banyak yang mempercayai dan menggunakan obat tradisional dalam menyelesaikan masalah kesehatannya, termasuk juga dalam mengatasi kurangnya nafsu makan.

Mengenai masalah ini, tanaman yang dipercayai mampu menambah nafsu makan adalah temulawak dan daun pepaya.

Berikut penjelasannya.

1.Temulawak
temulawak

Temulawak adalah tanaman asli indonesia.

Di berbagai daerah, temulawak dikenal dengan nama seperti temulawak (jawa), Temu lobak (madura), atau di sunda dikenal dengan nama koneng gede.

Temulawak ini dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yaitu sebagai obat jerawat, obat diare, ambien, sembelit dan penambah nafsu makan.

Di dalam temulawak terdapat berbagai zat seperti zat tepung, kurkumin dan minyak atsiri. Minyak atsiri inilah yang memiliki efek terhadap peningkatan nafsu makan.

Minyak atsiri punya sifat korelitik yaitu mempercepat sekresi empedu sehingga mempercepat pengosongan lambung dan penyerapan lemak di usus yang kemudian akan mensekresi berbagai hormon yang yang dapat menimbulkan rasa lapar dan meregulasi peningkatan nafsu makan.

Bagi yang ingin membuat sendiri ramuan penambah nafsu makan dengan bahan baku temulawak, berikut ini resep yang saya temukan dari bersosial.com.

Siapkan 2 ruas jari temulawak, 1 ruas jari, lengkuas, serta beberapa helai daun meniran.

Semua bahan dicuci bersih, kemudian dipotong-potong kecil dan direbus dengan 3 gelas air.

Rebus campuran bahan tadi sampai air rebusannya tersisa untuk 1 gelas. Kemudian didinginkan, dan diminum sehari 2 kali secara teratur.

2. Daun pepaya.

daun pepaya

Daun pepaya juga dipercayai mampu meningkatkan nafsu makan. Dalam daun pepaya terdapat enzim papain yang berkhasiat untuk menimbulkan rasa ingin makan sehingga meningkatkan nafsu makan.

Selain itu pepaya juga mengandung flavonoid yang memiliki khasiat sebagai penangkap radikal bebas yang berguna sebagai antioksidan untuk menjaga tubuh dari penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Bagi yang ingin cara sederhana untuk tingkatkan nafsu makannya bisa menggunakan resep sederhana yang diambilkan dari suaramerdeka.com.

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah daun pepaya segar dengan ukuran sebesar telapak tangan orang dewasa, garam secukupnya, dan air setengah cangkir.

Pertama-tama, cuci daun pepaya hingga bersih. Masukkan daun pepaya, garam, dan air dalam blender, lalu blender hingga halus. Saring air dari ampasnya, lalu minum. Ramuan ini baik dikonsumsi baik oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Perusahaan jamupun banyak memproduksi jamu untuk menambah nafsu makan dengan nama gemuk sehat atau jamu nafsu makan.

Kalau saya lihat komposisinya adalah akar temulawak dan daun pepaya.

Sebagian perusahaan jamu selain kedua bahan tersebut juga menambahkan jahe dan buah cabe jawa dalam komposisinya.

Bagi memang tidak suka mengkonsumsi jamu karena pahit dapat mengkonsumsinya berupa kapsul.

Setidaknya dengan mengenal khasiat tanaman temulawak dan daun pepaya di atas maka bila tertarik membeli kapsul penambah nafsu makan, pilihlah yang berbahan baku kedua tanaman tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *